Minggu, 28 November 2010

Cara transaksi pembelian on line

Cara transaksi dengan menggunakan internet dengan aman maka saya akan berbagi tips menggunakan transaksi via online dengan aman, Cara via transaksi via online ini sekarang sudah lajim, maka dari itu untuk menghemat tenaga dan hemat biaya maka tidak salah klo kita transaksi menggunanakan via online, contoh transaksi jaket dan kaos dalam via online sebagai berikut :

1) Lihat jati diri penjual bisnis jual beli jaket dan kaos. Biasanya penjual yang baik akan memasang identitas diri (atau perusahaan), alamat lengkap, no telp, kalau perlu foto pribadi. Jadi calon pembeli juga tidak ragu. Kalau alamatnya saja pake PO. BOX, alamat lengkap nya tidak jelas, wah agak meragukan juga nih.

2) Gunakan jasa perantara. Saat ini sudah ada beberapa forum jual beli jaket dan kaos yang menyediakan jasa perantara. Pembeli transfer dulu ke rekening perantara, lalu perantara konfirmasi ke penjual bahwa dana sudah masuk. Barulah penjual akan mengirim barangnya.

Setelah barang diterima, pembeli konfirm ke perantara. Dan uang pembelian akan ditransfer oleh perantara ke pihak penjual. Memang sedikit ribet, tapi lebih aman, bagi pembeli maupun penjual. Beberapa perantara mengenakan biaya, ada juga yang gratis.

3) Biasanya di web penjual ada testimonial / komentar dari pelanggan. Dari situ bisa kelihatan apakah penjualnya bisa dipercaya atau tidak. Tapi hati-hati dengan testimonial ‘palsu’ yang mungkin saja dikarang sendiri oleh penjual.

4) Kalau penjual dan pembeli masih dalam satu kota, minta saja COD / Cash on Delivery. Pembayaran akan dilakukan pada saat barang tiba di tempat pembeli. Jadi pembeli juga bisa memeriksa dulu kondisi barangnya.

Apabila penjual tidak bisa COD, tanyakan sebabnya. Kalau perlu, datangi langsung ke tempat penjual. Baik di toko ataupun di rumah.

5) Untuk transaksi luar kota, minta penjual mengirim dengan jasa ekspedisi yang terpercaya. Jangan lupa tanyakan juga no resi pengiriman barangnya. Beberapa ekspedisi menyediakan fasilitas tracking / pelacakan sampai dimana paket yang sedang dikirim.

Fasilitas tracking ini bisa diakses via telepon, bisa juga melalui website penyedia jasa ekspedisi tersebut.

6) Banyak-banyak bertanya kepada penjual. Baik mengenai kondisi barang, stok yang tersedia, varian model dan warna yang ada, cara pembayaran, pengiriman barang, dsb. Penjual online yang baik akan melayani setiap pertanyaan calon pembeli dengan baik. Walaupun mungkin nantinya tidak jadi beli.

Kenapa harus banyak bertanya? Karena memang itu hak pembeli. Lagipula transaksi online tidak memungkinkan pembeli untuk melihat dan memeriksa langsung kondisi barang yang akan dibeli.

7) Terakhir, dan yang terpenting. Kita harus waspada dalam menanggulangi kejahatan dalam tranksasi penjualan via online.

Cara transaksi melalui via online :

1. ISI/TRANSAKSI : produk_nominal.nomor_tujuan.pin

contoh : i10.08567xxxx.1111

2. CEK SALDO : s.pin Cont : s.1111

contoh : s.1111

3. CEK HARGA : jaket.kode_produk.pin

contoh : jaket.i.1111

4. GANTI PIN : gp.pin_baru.pin lama

contoh :gp.7777.1111

5. DAFTAR PARAREL : dp.nomor.pin

contoh : dp.o8567xxxx.1111

6. COMPLAIN :C.complain.pin

contoh : ci10 ke 08567xxxx tgl 14 blm masuk.1111

7. REKAP TRANSAKSI : Rkp.tgl.pin

contoh : rkp.14.1111

8. TRANSAKSI tirta : tirta.prod.no.prod.no.pin

contoh : tirta.m10.08567xxxx.100.1111

9. Down line : D.nama.nohp.100.pin

contoh : D.rismandar.08567xxxx.100.1111

10. TRANSFER : t.nohpdownline.nomonal.pin

contoh : T.08567xxxx.700000.1111


Kwitansi pembayaran :


sumber http://google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar